Kesiapan Universitas PGRI Argopuro Jember dalam Integrasi Digitalisasi dan Transformasi Teknologi Menuju Industri 5.0

Authors

  • Neviyani Neviyani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Riza Wahyu Utami Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.55480/saluscultura.v4i2.245

Keywords:

Industri 5.0, Digitalisasi, Kurikulum Adaptif, Universitas PGRI Argopuro Jember, Budaya Inovasi

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi kesiapan Universitas PGRI Argopuro Jember (UNIPAR) dalam mengintegrasikan digitalisasi dan transformasi teknologi untuk memproduksi lulusan yang siap menghadapi tantangan Industri 5.0. Analisis mencakup kesiapan infrastruktur, kurikulum berbasis digital, serta kompetensi tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa universitas telah melakukan berbagai inisiatif strategis, seperti peningkatan infrastruktur teknologi, pengembangan kurikulum adaptif, dan pelatihan tenaga pendidik. Meskipun terdapat tantangan dalam adopsi teknologi dan keterbatasan sumber daya, upaya yang dilakukan telah memperkuat posisi institusi dalam menghadapi perubahan yang dibawa oleh Revolusi Industri 5.0. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pendekatan holistik yang mencakup analisis kesiapan infrastruktur, kurikulum, dan sumber daya manusia, serta menawarkan rekomendasi strategis bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia dalam menghadapi era digitalisasi yang berupa integrasi data kontekstual, fokus pada soft skills, dan rekomendasi berbasis bukti yang dapat diadaptasi oleh perguruan tinggi lain di Indonesia dalam menghadapi Era Industri 5.0. Ini merupakan kontribusi penting untuk mendukung transformasi pendidikan tinggi di era digital dan teknologi cerdas. Implikasi penelitian ini mencakup peningkatan literasi digital dan kolaborasi dengan industri, serta pengembangan budaya inovasi yang mendukung terciptanya lulusan yang kompeten di pasar global.

References

Aoun, J. E. (2017). Robot-Proof: Higher Education in the Age of Artificial Intelligence. MIT Press.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

Chui, M., Manyika, J., & Miremadi, M. (2018). What AI can and can’t do (yet) for your business. McKinsey Quarterly, 1(97-108), 1.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research Methods in Education. Routledge.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Daghmash, H. H., & El-Hanbali, S. A. (2022). The Effect of Transitioning to Online Learning on the Academic Performance of Upper Basic Stage Female Students in English Language in Amman District Directorate from their Point of View.

Denzin, N. K. (1978). The Research Act: A Theoretical Introduction to Sociological Methods. McGraw-Hill.

Field, A. (2013). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. SAGE Publications.

Kavanagh, M. H., & Drennan, L. (2008). What skills and attributes does an accounting graduate need? Evidence from student perceptions and employer expectations. Accounting & Finance, 48(2), 279-300.

Kvale, S. (2009). Den sociale konstruktion af validitet. I: Kvale, S. & Brinkmann, S. Interview–Introduktion til et håndværk.

Owston, R. (2018). The Digital Transformation of Higher Education: Opportunities and Challenges. Educational Technology Research and Development.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. SAGE Publications.

Schwab, K. (2024). The Fourth Industrial Revolution: what it means, how to respond. In Handbook of research on strategic leadership in the Fourth Industrial Revolution (pp. 29-34). Edward Elgar Publishing.

Selwyn, N. (2016). Digital Technology and the Contemporary University: Degrees of Digitization. Routledge.

Shattock, M. (2010). Managing Successful Universities. Open University Press.

Suryadarma, D., & Udzir, M. (2019). Digital Transformation in Indonesian Higher Education Institutions. International Journal of Educational Development.

Tan, C. M., & Ng, T. K. (2020). Challenges and Opportunities in Higher Education Digitalization. Journal of Educational Technology Systems.

Teo, T. (2021). Technological Adaptation in Universities: A Case Study Approach. Computers & Education.

Thoenig, J., & Leonardi, P. M. (2017). Higher Education and Digital Transformation: Balancing Technology and Pedagogy. Educational Technology Review.

Ulrich, D., & Eppinger, S. (2015). Product Design and Development. McGraw-Hill.

Universitas Esa Unggul. (2023). Industri 5.0: Kolaborasi Manusia dan Teknologi Canggih Menuju Masa Depan Manufaktur yang Cerdas dan Berkelanjutan. Retrieved from https://ft.esaunggul.ac.id/industri-5-0-kolaborasi-manusia-dan-teknologi-canggih-menuju-masa-depan-manufaktur-yang-cerdas-dan-berkelanjutan.

Utami, R. W., Sayidah, N., & Ady, S. U. (2023). Kelayakan Strategi Korporasi Universitas Argopuro Jember Dalam Persaingan Industri Pendidikan Tinggi Pada Era “Distance Learning” Pasca Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 23(1), 19-38.

Utami, R. W. (2024). Pengaruh Pelatihan Keterampilan Manusiawi Karyawan Universitas PGRI Argopuro Jember terhadap Penutupan Kesenjangan Kompetensi dan Kinerja Individu. Prosiding Konferensi Internasional Ekonomi & Bisnis Kilisuci, 2, 492–505.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS quarterly, 425-478.

Voogt, J., Fisser, P., Good, J., Mishra, P., & Yadav, A. (2015). Computational thinking in compulsory education: Towards an agenda for research and practice. Education and information technologies, 20, 715-728.

Wibowo, A., & Supriyadi, D. (2022). Implementasi Teknologi Digital di Perguruan Tinggi Indonesia: Studi Kasus Universitas PGRI Argopuro Jember. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Wulandari, A. (2020). Pengaruh Digitalisasi terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Teknologi.

Yadav, A., Brown, D., & Caulfield, M. (2019). Digital Transformation in Higher Education: A Study of Faculty and Student Perspectives. Journal of Educational Technology Systems.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Neviyani, N., & Utami, R. W. . (2024). Kesiapan Universitas PGRI Argopuro Jember dalam Integrasi Digitalisasi dan Transformasi Teknologi Menuju Industri 5.0. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 4(2), 263–276. https://doi.org/10.55480/saluscultura.v4i2.245

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.