Collaborative Governance Pentahelix: Inovasi Membangun Kota Pendidikan Inklusif Menuju Tatanan Sumber Daya Unggul (Kajian Pemenuhan Pendidikan Masyarakat Disabilitas di Kota Yogyakarta)

Authors

  • Arissy Jorgi Sutan Universitas Jambi
  • Hendy Setiawan Universitas Selamat Sri Batang

DOI:

https://doi.org/10.55480/saluscultura.v4i2.311

Keywords:

Inklusif, Pentahelix Collaborative Governance , Kota Pendidikan Inklusif, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pembangunan kota pendidikan inklusif dengan kajian pemenuhan pendidikan bagi masyarakat disabilitas di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data pada penelitian ini dikumpulkand engan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, akses pendidikan bagi anak-anak disabilitas masih menghadapi tantangan signifikan. Data menunjukkan bahwa lebih dari 75% anak disabilitas belum mendapatkan pendidikan, meskipun regulasi sudah ada untuk mendukung hak pendidikan mereka. Perlunya kolaborasi antara sektor akademik, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media (pentahelix) untuk mewujudkan kota pendidikan yang inklusif. Dengan langkah-langkah konkret yang telah diambil, seperti pengembangan Kampung Peduli Sehat Jiwa, Yogyakarta berupaya menjadi barometer kota inklusif di Indonesia. Namun, tantangan dalam mengakomodasi semua kelompok disabilitas dalam sistem pendidikan masih perlu ditangani agar tujuan inklusi dapat tercapai secara efektif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih responsif dan inklusif bagi masyarakat disabilitas di Yogyakarta.

References

Abassuni, F. D., Kristianus, & Eusabinus Bunau. (2023). Urgensi Sekolah Laboratorium Bagi Pengembangan Inovasi Sistem Pendidikan Inklusif di Kalimantan Barat. Jurnal Borneo Akcaya, 8(2), 82–96.

Abinda Firdaus, I., Purnamasari, R., Fadhillah, M. R., & Haskara, M. R. P. (2022). Inovasi Pelayanan Publik dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Inklusif di Kota Bekasi. Jurnal Kebijakan Dan Inovasi Daerah, 1(1), 21–25.

Afriyadi, F. (2020). Kewajiban Warga Negara Dalam Bidang Pendidikan Menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Muhammadiyah Law Review, 4(1), 28–34.

Agustina, R. S. (2018). Evaluasi Penyelenggaraan pendidikan Inklusif di Kota Surabaya. Publika, 9(3), 109–124.

Alfadhillah, F. H., Windari, N. N., Nurparida, M., & Widyarif, M. A. (2023). Analisis faktor-faktor penyebab ketimpangan pendapatan di provinsi DI Yogyakarta (periode 2005-2021). Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(1), 39-50.

Ansori, A. N. (2024). Sekolah Inklusif Meningkat 29 Persen tapi Anak-Anak Disabilitas Rentan Tak Selesaikan Pendidikan. Liputan 6. Retrieved from https://www.liputan6.com/disabilitas/read/5630054/sekolah-inklusif-meningkat-29-persen-tapi-anak-anak-disabilitas-rentan-tak-selesaikan-pendidikan.

BPMP Jogja. (2024). BPMP Banten Mendalami ULD dan Layanan Pendidikan Inklusif di Yogyakarta. BPMP Jogja. Retrieved from https://bpmpjogja.kemdikbud.go.id/category/berita/page/13/.

Fironika, R. (2015). Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 43–64.

Fitri, S. E. (2023). Pemetaan Potensi Pariwisata di Kota Yogyakarta dalam Rangka Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan. Kainawa: Jurnal Pembangunan dan Budaya, 5(1), 31-42.

Hardiansah, E. (2015). Pengantar Edisi Khusus 55 Tahun Pendidikan Planologi: Pembangunan Kota Inklusif di Era Desentralisasi. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 26(1), 1–6.

Herawati, M. (2024). Guru Pendamping Khusus Penyandang Disabilitas di Jogja Ditambah. Harian Jogja. Retrieved from https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2024/01/19/510/1162073/guru-pendamping-khusus-penyandang-disabilitas-di-jogja-ditambah.

Hikmah, S. N. A. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan Komprehensif. Jurnal Pendidikan & Pengajaran (Jupe2), 1(1), 1–10.

Junianto, A. (2024). SD Negeri di Kota Jogja Kini Dilengkapi Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus. Harian Jogja. Retrieved from https://m.harianjogja.com/jogjapolitan/read/2024/06/02/510/1176608/sd-negeri-di-kota-jogja-kini-dilengkapi-guru-pendamping-anak-berkebutuhan-khusus.

Kemenko PMK. (2023). Koordinasi Penguatan Jaminan Akses Bersekolah Anak Disabilitas dalam PPDB 2023. Kemenko PMK. Retrieved from https://www.kemenkopmk.go.id/koordinasi-penguatan-jaminan-akses-bersekolah-anak-disabilitas-dalam-ppdb-2023.

Khairunnisa, T., & Purnomo, E. P. (2020). Smart Urban Service: Upaya Rehabilitasi dan Preventif pengemis dan Gelandangan Kota Yogyakarta. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 29-42.

LLDIKTI 5. (2022). UNISA Yogya Support Pendidikan Inklusi di Yogyakarta Melalui Pelatihan Guru Reguler. LLDIKTI 5. Retrieved from https://www.unisayogya.ac.id/unisa-support-pendidikan-inklusi-di-yogyakarta-melalui-pelatihan-guru-reguler/.

Lukitasari, S. W., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121.

Mali, M. S. (2023). Pengaruh inklusi keuangan, pengelolaan keuangan, terhadap kinerja UMKM sektor kuliner di Kota Yogyakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 291-296.

Mustaqim, M., Rizqulloh, Z. N., & Aditya, R. (2023). Mewujudkan Kota Inklusi: Studi Kasus dari Kota Pelajar Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 11(1), 54-62.

Nadhifa, Z., Caisarina, I., & Rizkiya, P. (2023). Pemenuhan Aksesibilitas Halte Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Penerapan Kota Inklusif. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur dan Perencanaan, 7(2), 94–98.

Nisa, L. S. (2019). Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan bagi Penyandang Disabilitas di Kalimantan Selatan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 14(1), 47–55.

Nugraheni, H. R., & Sudarwati, N. (2021). Kontribusi Pendidikan Dalam Pembangunan Ekonomi. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(112), 1–11.

pedulidifabel.ukm.ugm. (2021). Pendidikan Inklusif : Antara Harapan dan Realita-Kajian Eksternal SAUDC 2021. UKM Peduli Difabel UGM. Retrieved from https://pedulidifabel.ukm.ugm.ac.id/2021/11/27/pendidikan-inklusif-antara-harapan-dan-realita-kajian-eksternal-saudc-2021/.

Persada, S. (2021). Penyandang Disabilitas Masih Kesulitan Akses Pendidikan Inklusif. Tempo. Retrieved from https://www.tempo.co/politik/penyandang-disabilitas-masih-kesulitan-akses-pendidikan-inklusif-448726.

Purwantara. (2019). Ide Kota Inklusif di Kota Yogyakarta: Persepsi Publik. Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Gadjah Mada. Retrieved from https://mpwk.ugm.ac.id/2019/02/08/ide-kota-inklusif-di-kota-yogyakarta-persepsi-publik/.

Qiftiyah, M., & Calista, W. (2021). Shadow teacher for special needs students: case study class vi taman muda ibu pawiyatan Yogyakarta. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 26-35.

Rakhmawanti, S. (2024). Membangun Kolaborasi Bersama, Wujudkan Layanan di ULD yang Berkualitas. Retrieved from https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/membangun-kolaborasi-bersama-wujudkan-layanan-di-uld-yang-berkualitas/.

Rozali, A. (2017). Menuju Kota Inklusi, Yogyakarta Luncurkan Kampung Peduli Sehat Jiwa. Retrieved from https://warta.jogjakota.go.id/detail/index/5863.

Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 209–217.

Rusqiyati, E. A. (2015). Yogyakarta rintis empat kecamatan inklusi. Antara News. Retrieved from https://www.antaranews.com/berita/532759/yogyakarta-rintis-empat-kecamatan-inklusi.

Rusqiyati, E. A. (2019). Yogyakarta Ingin Jadi Barometer Kota Inklusif. Antara News. Retrieved from https://jogja.antaranews.com/berita/404243/yogyakarta-ingin-jadi-barometer-kota-inklusi.

Sahrudin, M., Djafri, N., & Suking, A. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif Jambura Journal of Educational Management. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 162–179.

Sartica, D., & Ismanto, B. (2016). Evaluasi Penyelenggaraan Program Pendidikan Inklusif di Kota Palangka Raya 1. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 49.

Septiana, F., & Zulfa, E. (2019). Mewujudkan Akses Pendidikan Tinggi Bagi Penyandang Disabilitas. Inclusive: Journal of Special Education, V(01), 11–18.

Setiawan, A., Sembiring, R. A., & Six Maria, W. (2019). Layanan Pojok Braile Dalam Meningkatkan Literasi Baca Bagi Disabilitas Netra di Kota Malang. Jurnal Transformative, 5(1), 70–86.

Sholihah, A., & Chrysoekamto, R. (2021). Penerapan Manajemen Pengembangan Minat dan Bakat untuk Meningkatkan Potensi Siswa di Madrasah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 131–139.

Sijogja, A. (2023). 1.200-an Anak Penyandang Disabilitas di DIY Tak Sekolah SLB, Ternyata Ini Faktornya. Sijogja. Retrieved from https://www.sijogja.com/news/1849671924/1200-an-anak-penyandang-disabilitas-di-diy-tak-sekolah-slb-ternyata-ini-faktornya.

Sunartono. (2023). Jogja Peringkat Teratas Jadi Kota Tujuan Pendidikan. Harian Jogja. Retrieved from https://pendidikan.harianjogja.com/read/2023/10/29/642/1152913/jogja-peringkat-teratas-jadi-kota-tujuan-pendidikan.

Suranto, J., & Suhita, D. (2023). Collaborative Governance dalam Mewujudkan Pendidikan yang Inklusif. Jurnal Solidaritas FISIP UNISRI, 6(2).

Syafiul. (2024). Jaga Kualitas Pendidikan Inklusi, ULD Tambah Guru Pendamping Khusus Tahun 2024. Retrieved from https://dindikpora.jogjakota.go.id/detail/index/31331.

UNICEF. (2023). Laporan Terbaru Menunjukkan Anak-anak dengan Disabilitas Tertinggal dalam Semua Indikator Perkembangan Anak. UNICEF. Retrieved from https://www.unicef.org/indonesia/id/disabilitas/siaran-pers/laporan-terbaru-menunjukkan-anak-anak-dengan-disabilitas-tertinggal-dalam-semua.

Utama, A. H. (2021). Model Desain Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 140–151.

Utari, D. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Juara Kota Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 9(2), 175–188.

Warsilah, H. (2015). Inclusive Development Approach for Reducing Social Exclusion in Urban Area: a Case Study of Marginal Groups in Kampung Semanggi, Solo, Central Java. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 17(2), 207–232.

Warta Jogja Kota. (2024). Pendidikan Inklusi di Yogya Jadi Acuan Belajar Kabupaten Parigi Moutong. Retrieved from https://warta.jogjakota.go.id/detail/index/32091.

Wati, E. (2014). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 368–378.

Wicaksosno, P. (2020). Seluruh Kecamatan di Yogyakarta Wajib Punya Forum Inklusif. Tempo. Retrieved from https://www.tempo.co/politik/seluruh-kecamatan-di-yogyakarta-wajib-punya-forum-inklusi-612012.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Sutan, A. J., & Setiawan , H. . (2024). Collaborative Governance Pentahelix: Inovasi Membangun Kota Pendidikan Inklusif Menuju Tatanan Sumber Daya Unggul (Kajian Pemenuhan Pendidikan Masyarakat Disabilitas di Kota Yogyakarta). Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 4(2), 202–216. https://doi.org/10.55480/saluscultura.v4i2.311

Issue

Section

Articles