Abstract
Lingkungan sekolah memiliki peranan penting terhadap motivasi belajar siswa di sekolah. Situasi lingkungan sekolah berimplikasi terhadap tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Melalui realita tersebut, artikel ini menawarkan pembahasan mengenai analisis lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi tingginya motivasi belajar siswa. Diskusi disajikan dengan memaparkan gambaran lingkungan sekolah yang baik serta faktor-faktor lain yang berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SLB Negeri Banyuasin dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta mempelajari dokumentasi terkait yang membahas tentang kondisi lingkungan dan motivasi belajar siswa. Hasil menunjukkan bahwa lingkungan SLB Negeri Banyuasin memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kemauan belajar siswa. Ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai mampu mendukung proses belajar-mengajar dengan baik. Meskipun secara akademik prestasi siswa berkebutuhan khusus belum maksimal, namun lingkungan sekolah yang baik mampu mendorong kemauan belajar yang cukup tinggi kepada siswa.
References
Alsa, P. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Proses Pembelajaran Kelas XI di SMK Negeri 1 Cianjur. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum dan Kewarganegaraan, 11(1). Google Scholar
Amin, M. (2017). Peran Guru dalam Menanamkan Kejujuran pada Lembaga Pendidikan. Tabdir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1). Crossref | Google Scholar
Amri, S. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Google Scholar
Azzet, A. M. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. Google Scholar
Curvin, R. L., & Mindler, A. N. (1992) Discipline with Dignity. USA: Association for Supervision and Curriculum Development. Google Scholar
Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Google Scholar
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182. Crossref | Google Scholar
Esmael, D. A., & Nafiah, N. (2018). Implementasi pendidikan karakter religius di sekolah dasar khadijah surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16-34. Crossref | Google Scholar
Hidayatullah, M. F., & Rohmadi, M. (2010). Pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka. Google Scholar
Makin, M., & Baharuddin. (2010). Manajemen Pendidikan Islam (Transformasi menuju Sekolah/Madrasah Unggul). Malang: UIN Maliki Press. Google Scholar
Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2). Crossref | Google Scholar
Mulyana, R. (2009). Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan. Tabularasa, 6(2), 175-180. Google Scholar
Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosda Karya. Google Scholar
Musaheri. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ircisod. Google Scholar
Pamassangan, G. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Pasangkayu Kecamatan Baras Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Edu Civic, 2(1), 1-14. Google Scholar
Rejeki, D. S., & Hermawan. (2010). Pendidikan inklusi dan kemampuan penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus terhadap keberhasilan sosialisasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(2). Google Scholar
Saroni, M. (2006). Manajemen Sekolah. Jogyakarta: Ar Ruzz Media.
Susanti, T. (2015). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa di MIM Ngasem Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2015. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Google Scholar
Tholib. (2000). Teori dan aplikasi administrasi pendidikan. Jakarta: Studia press. Google Scholar
Yusuf, S. (2001). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Google Scholar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Fitria Cita Dirna